Menpora Buka Festival Internasional Pemuda Olahraga Bahari

Anyer, Serang - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi A Malarangeng membuka Festival Internasional Pemuda dan Olahraga Bahari ke-5 yang diselenggarkan di Anyer, Serang, Banten, Selasa.


Festival Internasional Pemuda dan Olahraga Bahari (FIPOB) ke-5 Tahun 2010 diikuti dari perwakilan 50 negara dan 26 Provinsi di Indonesia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di sejumlah pantai di delapan wilayah kabupaten/kota di Banten mulai Pantai Pulorida, Anyer, Carita, Pulau Umang sampai Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak serta Sungai Ciberang.

Andi A Malarangeng dalam sambutannya mengatakan, FIPOB ke-5 yang diselenggrakan di Banten bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia yang hidup di antara pulau-pulau dan lautan, serta sudah bersahabat dengan alam termasuk tsunami dan gunung api.

"Laut adalah daerah kedaulatan Indonesia, dengan bahari kita juga bisa melakukan aktivitas olahraga di dalam, di atas dan di pinggir laut," kata Menpora.

Bahkan, menurut dia, dengan kekayaaan bahari yang dimiliki bangsa Indonesia, juga sudah meraih prestasi juara umum dalam penyelenggaraan Asean Beach Games di Bali, beberapa waktu lalu.

"Kita Bangga menjadi bangsa bahari dengan segala kekayaan dan pretasi yang kita miliki," ucap Andi Malarangeng.

Menurut dia, FIPOB ke-5 di Banten juga sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan kekayaan pantai dan objek wisata di Banten kepada masyarakat dunia. Selain itu, untuk menepis rumor yang berkembang saat ini tentang meningkatnya aktivitas Gunung Anak Krakatau.

"Kita harus melawan rumor itu dengan kegiatan dan aktivitas FIPOB ini," tutur Menpora menegaskan.

Sebelumnya, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menyatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan PVMBG bahwa meningkatnya aktivitas Gunung Anak Krakatau tidak membahayakan bagi warga sekitar, kecuali jarak 2 km dari Gunung Anak Krakatau.

"Dengan FIOB ini, diharapkan menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan Objek Daerah Tujuan Wisata di Banten, di antaranya Banten memiliki panjang pantai 501 km," kata Ratu Atut Chosiyah.

Pembukaan FIPOB ke-5 oleh Menpora Andi A Malarangeng, ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan burung merpati. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh pimpinan Muspida Banten serta ribuan undangan lainnya.

Sumber:
http://id.news.yahoo.com/antr/20101102/tsp-menpora-buka-festival-internasional-424bac1.html

0 komentar:

Posting Komentar

Pesan Anda Ilmu Bagi Kami