Bank Guru Siap Diluncurkan November

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyatakan kesiapannya dalam meluncurkan Bank Guru pada November mendatang. Untuk tahap awal masih akan berbentuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Guru dan didirikan di sejumlah provinsi yang dinilai paling siap, yakni Jateng, Jabar, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan NTB.


Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGRI Dr H Sulistiyo MPd mengungkapkan, BPR guru ini merupakan pintu masuk ke bank umum. Diharapkan pada awal 2013, bank ini sudah terbentuk di semua provinsi dan selanjutnya akan dievaluasi menjadi bank umum.

’’Masih banyak ketidakadilan diterima guru dan melalui pendirian bank ini, PGRI ingin supaya guru lebih sejahtera serta tidak selalu bergantung atau menuntut dari pemerintah saja,’’ jelas Sulistyo saat menyampaikan hasil Rapat Koordinasi PGRI, Minggu (3/10).

Menurut Sulistyo, pihaknya juga ingin mengubah paradigma soal guru terkait dengan perekonomian dan meningkatkan budaya menabung. Untuk menunjang perkembangan bank tersebut, para guru juga akan berpartisipasi supaya ada rasa saling memiliki seperti dengan menyetorkan simpanan atau membeli saham untuk kelangsungan kinerja bank.

’’Semuanya dari guru untuk guru dan tidak menutup kesempatan bagi masyarakat umum untuk terlibat. Seluruh keuntungan akan dikembalikan untuk kesehjateraan guru,’’ ujar Sulistyo yang juga anggota DPD RI asal Jateng ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Pesan Anda Ilmu Bagi Kami