Nilai Patriotisme di Masa Sekarang


Nilai Patriotisme di Masa Sekarang

Semangat patriotisme dan di kalangan generasi muda sudah mulai luntur. Hal itu akibat derasnya arus globalisasi dan budaya luar ke Indonesia tanpa disaring.

Sekarang banyak anak sekolah yang sepertinya sudah tidak mengenal lagu-lagu perjuangan nasional. Mereka cenderung lebih kenal lagu-lagu dari luar maupun nasional,
kurangnya pendidikan mengenai budaya nasional dalam pendidikan kesenian di sekolah disinyalir sebagai penyebab utama lunturnya rasa nasionalisme dan heroisme di kalangan siswa. Bahkan, tambahnya, kedisiplinan anak-anak pun sudah tidak ada. Ini terlihat dari kurang disiplinnya anak-anak dalam belajar sehari-hari. Kita harus segera mencegah hal ini agar tidak merambah terlalu jauh.

Salah satu kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, heroisme, dan disiplin adalah kegiatan LTUB(Lomba Tata Upacara Bendera
). Karena itu, secara periodik menyelenggarakan LTUB mulai dari tingkat wilayah sampai tingkat provinsi.
Banyak nilai yang bisa diambil dari upacara bendera, yakni untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air dan peduli sesama pelajar, guru, dan karyawan sekolah. Namun, katanya, masih banyak sekolah yang melaksanakan upacara bendera setiap dua minggu sekali, bahkan satu bulan sekali. Jelas hal ini akan menurunkan rasa cinta Tanah Air dan patriotisme di kalangan pelajar.
Sedangkan untuk menerapkan patriotisme di kalangan sekolah adalah dengan belajar sungguh-sungguh, dan memiliki cita-cita yang dapat merubah indonesia dapat lebih baik lagi di masa yang akan datang, bukan sebaliknya. namun saat ini saya menilai para pelajar di sekolah mulai luntur sifat patriotisme dan nasionalisme kepada negara ini, mereka menilai patriotisme itu adalah sikap kepembranian/nyali yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Pesan Anda Ilmu Bagi Kami